Pages

Subscribe:

Selasa, 03 Februari 2015

Pesepak Bola Eropa Jadi 'Tukang Jagal' ISIS

Selasa, 03 Februari 2015, 12:56 WIB


www.dailymail.co.uk
Nero Saraiva
A+ | Reset | A-
REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Dunia sepak bola Eropa dikejutkan ketika lima pemain mereka dipastikan gabung kelompok radikal ISIS. Kelimanya yang berasal dari negerinya Cristiano Ronaldo, Portugal, yakni Nero Saraiva, Celso Rodriguez, Da Costa Roguez, Sandro, dan Fabio Pocasyang masih berusia di bawah 30 tahun.
Seperti laporan Sunday Times yang dikutip Daily Mail, Nero Saraiva (28) yang paling senior di kalangan gerilyawan ISIS. Ayah empat anak itu diduga menjadi bagian dari kelompok Jihadi John --tukang jagal ISIS.
''Nero Saraiva lewat sosial media memposting foto memegang senjata yang mirip dengan senjata yang digunakan Jihadi John,'' sebut Daily Mailmengutip laporan Sunday Times. ''Ayah empat anak ini merupakan salah satu gerilyawan paling senior dan senapannya menghubungkannya dengan lingkaran Jihadi John.''
Saraiva merupakan satu dari lima pemain muda Portugal yang hijrah dari tanah kelahirannya ke London, Inggris, untuk meniti karir sebagai pesepak bola profesional. Kelimanya sering nonton bareng pertandingan sepak bola di sebuah kafe Portugal di London Timur.
Masih tidak jelas bagaimana kelimanya bisa masuk jaringan ISIS. Tapi, kawasan Waltham Forest tempat dimana mereka tinggal itu merupakan 'rumahnya' Islam garis keras.
Saraiva, mantan mahasiswa teknik sipil yang ikut gelombang pertama yang pergi ke Suriah pada 2012, diyakini terlibat dalam pembuatan video pemenggalan wartawan AS, James Foley.
Pada Juli 2014 atau 39 hari sebelum Foley dieksekusi mati, Saraiva memposting pesan lewat Twitter yang mengindikasikan bahwa dia mengetahui nasib wartawan Amerika Serikat tersebut.
Saraiva, yang memiliki empat anak dimana salah satunya berusia 5 tahun, mengirimkan pesan:'Pesan untuk Amerika. Negara Islam sedang membuat film baru. Terima kasih untuk semua aktor.''
Sebulan setelah kicauan Saraiva tersebut, video pemenggalan Foley diunggah di Youtube dengan judul 'Pesan untuk Amerika'.

sumber:Republika Online

0 komentar:

Posting Komentar